10 Tips Untuk Menyelamatkan Diri Dari Bencana Banjir

 

Gambar: pemukiman warga dikelilingi dengan genangan air. 

RADARKITA.ID - Banjir merupakan sebuah peristiwa ketika air menggenangi wilayah dalam jangka waktu dan musim tertentu. Biasanya, penyebab terjadinya banjir adalah curah hujan yang tinggi serta terus-menerus hingga mengakibatkan meluapnya air sungai, danau, ataupun laut. 

Selain itu, terjadinya banjir juga disebabkan oleh ulah tangan manusia, seperti alih fungsi lahan yang mengurangi kawasan resapan air, penggundulan hutan, dan sebagainya. Peristiwa banjir memang bersifat lokal, namun terkadang banjir bisa meluas sampai sekala nasional dan  melumpuhkan kehidupan masyarakat yang terdampak.

Dilansir dari Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), berikut adalah 10 langkah penyelamatan diri dari bencana banjir.

1. Simaklah informasi dari berbagai sumber media terkait peristiwa banjir untuk meningkatkan kesiapsiagaan.
2. Jika terjadi banjir, segeralah melakukan evakuasi ke tempat yang lebih tinggi.
3. Waspadalah terhadap arus bawah, saluran air, kubangan, dan tempat-tempat lain yang tergenang air.
4. Ketahui risiko atau potensi banjir bandang di wilayah Anda.
5. Jika harus bersiap untuk evakuasi, amankan rumah anda dengan menempatkan perabot di luar rumah atau di tempat yang aman dari banjir.
6. Matikan semua jaringan listrik. Cabut alat-alat elektronik yang masih terhubung dengan aliran listrik.
7. Jika ada perintah evakuasi untuk meninggalkan rumah, jangan berjalan di arus air karena bisa menyebabkan jatuh dan terseret arus.
8. Jika harus berjalan di air, berhati-hatilah dengan memijak kan kaki terhadap objek yang tidak bergerak dan gunakan tongkat untuk mengecek kepadatan tempat berpijak.
9. Jangan mengemudikan kendaraan anda di wilayah banjir.
10. Waspadai saluran air atau tempat melintasnya air yang kemungkinan akan dilalui oleh arus yang deras karena banjir bandang bisa datang tanpa peringatan.

Setelah banjir mulai mereda, tetap waspada dengan risiko-risiko yang mungkin akan terjadi. Hindari air banjir karena kemungkinan kontaminasi dengan zat-zat berbahaya. Area yang airnya baru saja surut juga sebaiknya dihindari karena khawatir jalan yang keropos dan ambles.

Warga yang mengungsi, bisa kembali ke rumah dengan keadaan yang aman dan jika sudah ada perintah dari pihak yang berwenang. Tetap jaga kesehatan dan keselamatan keluarga anda dengan rajin mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun jika terkena air banjir. Berita atau informasi terkait peristiwa banjir pun harus terus dipantau agar tetap waspada jika banjir akan kembali terjadi. Mari jaga diri dan sesama, saling tolong menolong dalam menangani Bencana ini.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news setiap hari dari PenaPedia.com. Mari bergabung di Grup Telegram "PenaPedia.com Update", caranya klik link https://t.me/penapediaupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar