Catat! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Dalam Berbisnis Online di Tahun 2022

 

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Online 2022
Gambar: ilustrasi bisnis online (online shop) antara penjual dan pembeli

Radarkita.id - Bisnis online (online shop) merupakan bisnis yang dilakukan secara online dengan memamerkan barang dagangan dengan menggunakan media internet dan layanan komunikasi jarak jauh. Hampir sebagian besar prosesnya melibatkan layanan internet.

Banyak sekali keuntungan yang akan didapat dalam berbisnis online dan tren bisnis saat ini sudah bergerak dari bisnis tradisional ke bisnis online. Bahkan perusahaan fisik membuka jalur bisnis online dengan cara membuat website untuk berjualan.

Keuntungan Dalam Besbisnis Online


1. Akses 24 jam
maksudnya keseterdiaan online memungkinkan etalase barang dapat diakses selama 24 jam oleh para calon pembeli.

2. Menghemat waktu (efisiensi waktu)
ialah pembeli dapat dengan mudah untuk menelusuri etalase online kapan dan dimana saja asalkan terhubung ke internet.

3. Proses murah
ialah dapat menghemat sumber daya seperti biaya gedung, makan dan minum kebutuhan karyawan, biaya transportasi dan sejenisnya.

4. Target meluas
ialah barang yang dijual itu dapat dijangkau secara luas baik nasional maupun internasional seperti tokopedia, shoppe, amazon dan lain lain.

5. Aman 
transaksinya aman karena kita tidak membawa uang secara fisik. Tapi, tidak menutup kemungkinan uang non fisik dijamin aman 100%, itu semua tergantung dari pengguna masing masing.

6. Dapat menjaga privasi
terdapat beberapa asumsi orang untuk tidak membeli barang tertentu, akan tetapi dengan belanja di toko online privasi pembeli tetap terlindungi.

Dari semua kelebihan bisnis online diatas, juga terdapat kendala atau kekurangan yang dapat yang mungkin terjadi ialah sebagai berikut:

Kekurangan Dalam Besbisnis Online


1. Tidak dapat dijangkau secara langsung
maksudnya kita sebagai pembeli akan merasa kesulitan untuk melihat keberadaaan barang secara nyata baik mencakup testur, warna, rasa, aroma, dan ukuran barang secara akurat.

2. Proses berbelanja melibatkan berbagai pihak
maksudnya sebagai penjual barang online pastinya membutuhkan serangkaian proses berbelanja yang melibatkan berbagai pihak untuk memastikan proses transaksi berhasil seperti jasa kirir, penyediaan jasa keuangan dan lain sebagainya.

3. Barang tidak segera sampai
ialah sebagai pembeli, maka barang yang telah dibeli tidak dapat diterima secara langsung melainkan membutuhkan durasi waktu seperti 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari, 1 minggu bahkan 1 bulan itu semua tergantung jarak dan pengiriman jasa yang digunakan. 

4. Minim sentuhan manusia
minimnya sentuhan manusia karena semuanya itu dikelolah secara digital.

5. Rentan penipuan
ketika kita mendengar bisnis onlin maka tidak asing mendengar istilah rentan penipuan hal itu dikarenakan barang tersebut tidak dapat langsung mengalamati keberadaan si penjual, kondisi barang dan lokasi toko fisik.

Namun demikian, jualan online (online shop) tetap memiliki banyak kebaikan (maslahah) dan keuntungan (profit). Bahkan Anda juga bisa segera jualan tanpa harus punya fisik terlebih dahulu dan pastinya bisa langsung memperoleh penghasilan (income).  

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news setiap hari dari PenaPedia.com. Mari bergabung di Grup Telegram "PenaPedia.com Update", caranya klik link https://t.me/penapediaupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar