Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Makan Malam

RADARKITA.ID - Ada 7 hal yang harus Anda hindari saat makan malam. Hal itu perlu dihindari karena hal-hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Adapun 7 hal yang dimaksud ialah sebagai berikut:


Ilustrasi mengkonsumsi makanan (pixabay)

1). Makan dalam Porsi Besar

Hal utama yang harus Anda perhatikan ketika makan malam adalah porsinya. Hindari makan malam dengan porsi yang besar. Dalam artian Anda tidak boleh makan terlalu kenyang, yang terpenting Anda tidak merasa lapar dan bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, makan terlalu kenyang akan membuat perut Anda tidak nyaman. 

2). Mengkonsumsi Makanan yang Digoreng

Jika Anda suka makan gorengan saat malam hari? Maka mulai saat ini, pertimbangkan kembali karena makanan yang digoreng tidak baik untuk dikonsumsi pada malam hari. Sebab, makanan yang dimasak dengan cara digoreng itu dapat meningkatkan kalori makanan. Selain itu, makanan ini juga mengandung kadar lemak yang tinggi dan sulit dicerna oleh lambung. Dalam waku singkat memang makanan ini dapat mengenyangkan perut tapi juga mudah sekali lapar.

3). Minuman Bersoda

Banyak orang-orang yang suka minuman yang bersoda, sekalipun di malam hari. Salah satu alasannya adalah karena mereka beranggapan bahwa minuman tersebut adalah minuman yang paling segar (fress). Padahal, menurut para ahli, minuman yang bersoda justru dapat meningkatkan reaksi asam di dalam lambung dan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Kondisi ini dikarenakan oleh meningkatnya kadar asam lambung yang sangat memicu lapisan perut terluka.

Adapun minuman yang bersoda ini bukan hanya tidak baik dikonsumsi pada malam hari saja melainkan kapan pun. Sebab, minuman ini mempunyai banyak kandungan yang berbahaya seperti kafein. Kafein ini dapat menyebabkan Anda ketagiahan sehingga sangat berbahaya untuk diminum.

4). Makanan Manis atau Makanan Tinggi Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang manis sebenaranya tidak bermasalah dengan catatan selama tidak berlebihan. Mengkonsumsi makanan manis secara wajar dapat membantu tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak. Begitu pula sebaliknya, jika dikonsumsi secara berlebihan atau mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidarat tinggi itu sangat tidak dianjurkan.

5). Mengkonsumsi Makanan Pedas

Jika Anda suka makan yang pedas-pedas? Maka mulai saat ini Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut diwaktu malam hari. Sebab, makanan yang pedas dapat mengganggu kondisi perut seperti perut mulas, diare dan sejenisnya.

6). Mengkonsumsi Roti

Pada malam hari, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi roti disebabkan karena ia memiliki kandungan serat dan karbohidarat yang tinggi. Oleh karena itu, dampak yang paling sering terjadi adalah tidur Anda merasa tidak nyaman.

7). Mengkonsumsi Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu makanan yang paling banyak dipilih untuk dikonsumsi pada malam hari. Sebab, proses penyajiannya yang instan dan cepat. Padahal, menurut para ahli, makanan ini sangat tidak dianjurkan karena sangat mudah membuat berat badan Anda naik secara singnifikan. Selain itu, mie instan juga diyakini dapat menyebabkan penyakit diabetes dan penyakit serius lainnya.

Itulah 7 hal yang harus Anda hindari saat makan malam, karena hal-hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Posting Komentar untuk "7 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Makan Malam"