10 Aplikasi Edit Video PC Ringan 2024


Siapa yang bilang hanya profesional yang bisa mengedit video? Jangan khawatir, sobat kreatif! Kini ada banyak aplikasi edit video PC ringan yang bisa bikin kontenmu makin kece tanpa harus membebani performa komputer. Dari yang sederhana sampai yang canggih, aplikasi-aplikasi ini siap membantu meramu video sesuai imajinasi. 

Nah, daripada penasaran, yuk kita intip 10 aplikasi edit video PC ringan yang bisa jadi andalanmu.

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan 2024

1. Shotcut

Mulai dari yang paling simpel dulu, kita punya Shotcut. Aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin mencoba-coba mengedit video. Meskipun ringan, Shotcut tetap punya fitur-fitur dasar seperti pemotongan, penyuntingan warna, dan efek transisi yang lumayan memuaskan. Soal performa? Tenang aja, PC kamu nggak bakal keberatan.

2. Lightworks

Ngomongin aplikasi edit video ringan, Lightworks adalah salah satu yang sering disebut-sebut. Meskipun gratis, Lightworks nggak main-main soal fitur. Mulai dari pengaturan warna, efek khusus, sampai kemampuan multi-track editing, semuanya ada di sini. Plus, performanya juga nggak bikin komputer jadi lemot.

3. DaVinci Resolve

Kalau bicara soal edit video, nggak bisa lepas dari nama DaVinci Resolve. Meskipun terkenal sebagai aplikasi professional, versi gratisnya tetap ringan dan powerful. Kamu bisa eksplorasi berbagai fitur keren mulai dari color grading, audio editing, sampai visual effects tanpa bikin PC ngos-ngosan.

4. OpenShot

Sederhana tapi bisa diandalkan, itulah OpenShot. Aplikasi ini cocok buat kamu yang baru belajar mengedit video. Dengan interface yang user-friendly dan fitur-fitur dasar yang lengkap, kamu bisa bikin video dengan cepat tanpa perlu pusing mikirin spesifikasi PC.

5. HitFilm Express

HitFilm Express hadir dengan konsep all-in-one, yang berarti kamu bisa melakukan editing dan kompositing tanpa harus beralih aplikasi. Meskipun punya banyak fitur, aplikasi ini tetap ringan dan friendly untuk PC dengan spesifikasi menengah ke bawah.

6. Avidemux

Bagi yang mencari aplikasi edit video PC ringan dengan fokus pada pemotongan dan penyuntingan dasar, Avidemux bisa jadi pilihan yang tepat. Meskipun fiturnya nggak sebanyak aplikasi lain, tapi performa ringan dan kemudahan penggunaannya membuatnya worth untuk dicoba.

7. VideoPad

VideoPad adalah aplikasi edit video PC ringan yang ramah untuk pemula. Meskipun punya interface yang simpel, tapi jangan salah, fitur-fitur dasar seperti trimming, splitting, dan blending effects tetap bisa membuat videomu terlihat keren.

8. Blender

Blender mungkin lebih dikenal sebagai software untuk 3D modeling, tapi siapa sangka kalau aplikasi ini juga punya fitur edit video yang nggak kalah keren? Meskipun memerlukan sedikit pembelajaran, tapi hasilnya bisa memuaskan, apalagi untuk kamu yang suka eksperimen dengan efek-efek unik.

9. Filmora Wondershare

Filmora Wondershare adalah salah satu aplikasi edit video ringan yang populer di kalangan pemula. Dengan berbagai fitur kreatif seperti motion tracking, green screen, dan efek khusus, kamu bisa meramu video dengan tampilan profesional tanpa harus pusing dengan spesifikasi PC.

10. Magix Vegas Pro Edit

Meskipun lebih cenderung ke sisi professional, Magix Vegas Pro Edit tetap bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang mencari aplikasi edit video ringan. Dengan interface yang intuitif dan fitur-fitur canggih seperti nested timelines dan video stabilization, kamu bisa menghasilkan video berkualitas tanpa harus khawatir dengan performa PC.


Nah, itu tadi 10 aplikasi edit video PC ringan yang bisa jadi andalanmu dalam meracik konten-konten keren. Dari yang simpel sampai yang advanced, semuanya ada sesuai dengan kebutuhan dan tingkat skill editingmu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba dan eksplorasi potensimu dalam dunia editing video!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar