Contoh Jamak Muannats Salim Lengkap Dengan Penjelasannya


Hai, teman-teman! Aku mau berbagi nih daftar isi materi bahasa Arab di artikel ini. Jadi, materi kali ini mengenai contoh jamak muannas salim beserta penjelasan singkatnya. Yuk disimak, Semoga bermanfaat ya!

Pengertian Jamak Muannats Salim

Pertama-tama, mari kita bahas istilah-istilahnya. Kata "Jama'" dalam bahasa kita sehari-hari bisa diartikan sebagai kumpulan atau bentuk yang menyatakan lebih dari satu atau banyak. Nah, "Muannats" mengacu pada bentuk kata yang menunjukkan jenis kelamin wanita, dan "Salim" artinya utuh atau selamat. 

Jadi, secara sederhana, Jamak Muannats Salim adalah suatu bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu dalam bentuk yang utuh dan selamat dari perubahan struktur pokoknya, khususnya menunjukkan makna berkaitan dengan wanita. Kata "Salim" sendiri dipakai karena perubahan hanya terjadi pada akhir kata, yaitu dengan menambahkan imbuhan atau sufiks.

Jadi, menurut penjelasan dalam kitab Jamiud Durus, Jamak Muannats Salim ini adalah sebutan untuk kata-kata yang dijamakkan dengan menambahkan huruf alif dan ta'. Contohnya, seperti perubahan pada kata-kata yang diberikan di bawah ini:
  • مُسْلِمَةٌ   مُسْلِمَاتٌ muslimatun menjadi mulimaatun. dengan adanya tambahan alif dan ta'
  • هِنْدٌ    هِنْدَاتٌ  hindun menjadi hindaatun dengan adanya tambahan alif dan ta'
  • مُرْضِعَةٌ   مُرْضِعَاتٌ murdhi'un menjadi murdhi'aatun, dengan adanya tambahan alif dan ta'

I'rob pada Jamak Muannats Tsalim

I'rob pada Jamak Muannats Tsalim terdapat 3 jenis, yakni I'rob Nashob, I'rob Rofa' dan I'rob Jar atau I'rob Khofadh. sebagaimana tertulis dalam nadhoman alfiyah wa ma bita wa alifin qod jumi'a yuksaru fil jarri wa fin nasbi ma'aa 

وَمَــــــا بِتَـا وَأَلِـــفٍ قَدْ جُمِعَـــــــا ¤  يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفي النَّصْبِ مَعَ

كَذَا أُوْلاَتُ وَالَّذِي اسْمَاً قَدْ جُعِلْ ¤ كَــــأَذْرِعَــاتٍ فِــيْهِ ذَا أَيْــضَاً قُــبِلْ

Artinya : Adapun kalimah yang di-jamak-kan dengan menambah Alif dan Ta’ (Jama’ Muannats Salim), adalah ditandai harakat kasrah didalam Jar dan Nashabnya secara bersamaan. 

Dari isi Alfiyah tersebut, kita dapat mengerti bahwa dalam penggunaan Jamak Muannats Salim, tanda kasrah dapat diterapkan untuk i'rob jar dan i'rob Nashob, sementara I'rob rofa' pada Jamak Muannats Salim dilambangkan dengan tanda dhommah. Mari kita lihat contoh penulisannya di bawah ini.

Contoh Penggunaan Jamak Muannats Salim

1. Coba kita perhatikan kalimat berikut yang menggunakan Jamak Muannats Salim dengan I'rob Rofa'. Untuk memperlihatkan perubahan dengan dhommah, kami menandainya dengan garis bawah, seperti contoh berikut:

الطَّالِبَاتُ فِى الْفَصْلِ Para pelajar wanita di kelas, 
Athoolibatu adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat dhommah yang merupakan tanda I’rob Rofa' 

2. Contoh Jamak Muannats Salim majrur atau Contoh kalimat yang menggunakan jama' Mu'annats Salim dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh.  Adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :

اَقُوْلُ مَرْحَبًالِلطَّالِبَاتِ saya mengucapkan selamat datang kepada para pelajar wanita. 
Thoolibati adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Khofadh atau I'rob Jar.

3. Contoh Jamak Muannats Salim Manshub atau Contoh kalimat yang menggunakan Jamak Mu'annats Salim dengan I'rob Nashob. Adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :

نَصَرْتُ مُسْلِمَاتٍ    Saya telah menolong muslim-muslim perempuan. 
Muslimaatin adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Nashob.


Demikianlah yang dapat kami bagikan dalam kesempatan yang istimewa ini. Semoga pembahasan mengenai contoh kalimat jamak muannats salim yang singkat dapat membuat teman-teman paham. Selebihnya wallahu a'lam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar